Jumat, 30 November 2018

Review Sistem Operasi Windows 10

~Apa Itu Windows ?
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

~Lisensi / Legalitas Pada Windows 10
1. Windows Retail / FPP (Full Packaged Product)
Windows Retail merupakan Windows yang dijual terpisah dengan perangkat yang dijual. Ciri-cirinya adalah, dikemas dalam box yang cukup tebal. Berisi DVD installer 32-bit dan 64-bit, beserta buku-buku panduan dan tentu product key. Terkadang juga media instalasinya dapat berupa flashdisk.
Jika anda membeli online melalui Microsoft Store, maka anda akan mendapat email untuk product key dan link unduh Windows Retail.
Lisensi ini dapat digunakan untuk PC lain. Namun, jika ingin menggunakan lisensi ini di PC lain, maka anda harus menghapus Windows pada PC lama anda, sebelum lisensi ini dapat digunakan pada PC baru anda.

2. Windows OEM (Original Equipment Manufacturer)
Windows OEM adalah Windows yang terdapat pada perangkat yang dijual dengan Windows bawaan (Pre-installed). Ciri-ciri fisiknya adalah, terdapat sticker Windows dan COA untuk OS sebelum Windows 7 pada casing perangkat yang dijual.
Windows OEM tidak dibekali dengan DVD installer Windows, karena sudah terpasang pada perangkatnya. Jika ingin mengembalikan ke setingan pabrik, biasanya Windows OEM sudah dibekali partisi recovery pada perangkat tersebut, dan kita hanya perlu untuk menjalankannya.
Windows OEM hanya mendapat dukungan dari Manufacturer saja, bukan dari Microsoft.

~Kecepatan Windows 10
Dalam Hal Kecepatan Windows 10 lebih cepat di banding windows lainya hal ini di karenakan windows 10 mengoptimalkan penggunaan hardware,windows juga tidak membutuhkan waktu booting yang lama    

~Beberapa kehandalan Windows 10

1. Cortana
Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.
Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana.

2. PC di dalam smartphone Anda
Ketika Windows 8 memisahkan sistem operasi antara desktop dan mobile, Windows 10 menembus batas tersebut ketika sistem operasi ini, selain bisa digunakan pada desktop dan tablet, juga bisa di-install pada smartphone! Microsoft mendesain sebuah versi Windows 10 untuk perangkat smartphone yang mempunyai layar berukuran kurang dari 8 inci.

3. Microsoft Edge dengan fitur Preview
Microsoft terus meningkatkan kemampuan browser Edge sehingga lebih canggih. Lewat Creators Update, Microsoft Edge kini memiliki manajemen Tab yang lebih baik. Selain dapat melihat preview saat mengarahkan kursor ke label tab, Anda juga bisa mengumpulkan tab secara sementara sehingga dapat dibuka kembali dengan cepat di waktu yang lain.

~Keamanan Windows 10
Windows 10 Creators Update juga memberikan keamanan lebih baik bagi komputer Anda. Melalui Windows Defender Security Center, Anda mendapatkan perlindungan dari virus, proteksi firewall dan jaringan, serta aplikasi untuk memeriksa kesehatan dan performa PC.
Bagi yang berbagi komputer dengan anak-anak, terdapat fitur Microsoft Family Safety untuk memantau dan mengendalikan pemakaian komputer. Jadi Anda bisa mengatur kapan komputer bisa digunakan dan berapa lama durasinya, serta memantau aktivitas apa saja yang dilakukan selama waktu itu.

Sumber :
https://www.kaskus.co.id/thread/585d3d3998e31b18798b4569/perbedaan-windows-retail-dan-oem-dan-tips-menghindari-penipuan/
https://id.techinasia.com/windows-10-keynote-tambahan-fitur
https://yangcanggih.com/2018/03/12/inilah-10-fitur-keren-terbaru-yang- dibawa-microsoft-windows-10-creators-update/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar